Esport telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir, mulai dari kegiatan hiburan sederhana hingga menjadi salah satu industri terbesar di dunia. Pada awalnya, kompetisi video game hanya berlangsung di kalangan penggemar game dan tidak banyak mendapat perhatian. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, permainan online, dan streaming, esport mulai menarik minat dari audiens yang lebih luas dan akhirnya mendapatkan status profesional.
Pada awal 2000-an, turnamen esport smpypm1sepanjang.sch.id pertama kali diadakan dengan hadiah yang relatif kecil. Salah satu turnamen terbesar pertama adalah World Cyber Games (WCG) yang dimulai pada tahun 2000, yang mempertemukan pemain dari seluruh dunia dalam berbagai jenis game. Seiring waktu, esports semakin dikenal, terutama dengan munculnya game-game multiplayer online yang kompetitif seperti StarCraft, Warcraft III, dan Counter-Strike.
Masuknya platform streaming seperti Twitch pada tahun 2011 mengubah cara penggemar mengakses konten esport. Dengan Twitch, orang bisa menonton turnamen secara langsung, berinteraksi dengan pemain, dan bahkan berpartisipasi dalam komunitas penggemar. Hal ini membuka jalan bagi pemain untuk mendapatkan penghasilan dari streaming dan menciptakan basis penggemar yang lebih besar.
Esport juga mulai menarik perhatian sponsor besar, yang menyadari potensi pasar yang besar di kalangan pemain muda dan komunitas online. Perusahaan-perusahaan besar, seperti Coca-Cola, Intel, dan Nike, mulai menginvestasikan uang mereka untuk mendukung tim dan turnamen esport. Hadiah turnamen pun meningkat pesat, dengan turnamen seperti The International Dota 2 yang menawarkan hadiah lebih dari $40 juta, menunjukkan betapa besarnya industri ini.
Dengan pertumbuhan pesat ini, esport kini telah menjadi bagian integral dari budaya digital dan olahraga profesional. Banyak universitas kini menawarkan program beasiswa bagi pemain esport, dan negara-negara mulai mengakui esport sebagai olahraga resmi. Esport terus berkembang dengan pesat, membuka peluang baru bagi pemain, penggemar, dan profesional di berbagai bidang.